welcme

Selamat Datang Semoga Anda Puas hehehe

Rabu, 23 Maret 2011

PANCASILA SEBAGAI PARADIGMA DALAM PEMBANGUNAN

A. Pengertian Paradigma
Istilah paradigma pada mulanya dipakai dalam bidang filsafat ilmu pengetahuan. Menurut Thomas Kuhn, Orang yang pertama kali mengemukakan istilah tersebut menyatakan bahwa ilmu pada waktu tertentu didominasi oleh suatu paradigma. Paradigma adalah pandangan mendasar dari para ilmuwan tentang apa yang menjadi pokok persoalan suatu cabang ilmu pengetahuan. Dengan demikian, paradigm sebagai alat bantu para illmuwan dalam merumuskan apa yang harus dipelajari, apa yang harus dijawab, bagaimana seharusnya dalam menjawab dan aturan-aturan yang bagaimana yang harus dijalankan dalam mengetahui persoalan tersebut. Suatu paradigma mengandung sudut pandang, kerangka acuan yang harus dijalankan oleh ilmuwan yang mengikuti paradigma tersebut. Dengan suatu paradigma atau sudut pandang dan kerangka acuan tertentu, seorang ilmuwan dapat menjelaskan sekaligus menjawab suatu masalah dalam ilmu pengetahuan.
Istilah paradigma makin lama makin berkembang tidak hanya di bidang ilmu pengetahuan, tetapi pada bidang lain seperti bidang politik, hukum, sosial dan ekonomi. Paradigma kemudian berkembang dalam pengertian sebagai kerangka pikir, kerangka bertindak, acuan, orientasi, sumber, tolok ukur, parameter, arah dan tujuan. Sesuatu dijadikan paradigma berarti sesuatu itu dijadikan sebagai kerangka, acuan, tolok ukur, parameter, arah, dan tujuan dari sebuah kegiatan. Dengan demikian, paradigma menempati posisi tinggi dan penting dalam melaksanakan segala hal dalam kehidupan manusia.
B. Pancasila sebagai Paradigma Pembangunan
Secara filosofis, Pancasila sebagai paradigma pembangunan nasional mengandung konsekuensi yang sangat mendasar. Artinya, setiap pelaksanaan pembangunan nasional harus didasari atas nilai-nilai yang terkandung dalam sila-sila Pancasila. Pancasila harus dijadikan pedoman dan tolak ukur dalam setiap aktifitas bangsa Indonesia. Pancasila harus menjadi paradigma perilaku manusia Indonesia, termasuk dalam pembangunan nasionalnya. Pancasial dapat dipergunakan sebagai tolak ukur atau paradigma pembangunan nasional di berbagai bidang seperti politik dan hokum, ekonomi, hankam, social budaya, pendidikan, ilmu pengetahuan dan teknologi, kehidupan agama.
C. Pancasila Sebagai Paradigma di Segala Sektor
1. Pancasila Sebagai Paradigma Pembangunan Bidang Politik dan Hukum
Manusia Indonesia selaku warga negara harus ditempatkan sebagai subjek atau pelaku politik bukan sekadar objek politik. Pancasila bertolak dari kodrat
manusia maka pembangunan politik harus dapat meningkatkan harkat dan martabat manusia. Sistem politik Indonesia yang bertolak dari manusia sebagai subjek harus mampu menempatkan kekuasaan tertinggi pada rakyat. Kekuasaan adalah dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. Sistem politik Indonesia yang sesuai pancasila sebagai paradigma adalah sistem politik demokrasi bukan otoriter
Berdasar hal itu, sistem politik Indonesia harus dikembangkan atas asas
kerakyatan (sila IV Pancasila). Pengembangan selanjutnya adalah sistem politik
didasarkan pada asas-asas moral daripada sila-sila pada pancasila. Oleh karena
itu, secara berturut-turut sistem politik Indonesia dikembangkan atas moral
ketuhanan, moral kemanusiaan, moral persatuan, moral kerakyatan, dan moral
keadilan. Perilaku politik, baik dari warga negara maupun penyelenggara negara
dikembangkan atas dasar moral tersebut sehingga menghasilkan perilaku politik
yang santun dan bermoral.
2. Pancasila sebagai paradigma Pembangunan Ekonomi
Pakar ekonomi Indonesia yang mengikuti pendapat atau pandangan pakar Barat ( pakar IMF ) tentang pembangunan ekonomi Indonesia. Atas dasar pandangan tersebut, maka pembangunan ekonomi akan berhasil apabila dilakukan dalam arus persaingan bebas.
Mubyarti mengembangkan system ekonomi kerayaktan, yaitu system humanistic yang lebih mendasarkan pasa tercapainya kesejahterahan rakyat secara luas. Pembangunan ekonomi tidak dipisahkan dengan nilai-nilai moral kemanusian ( Mubyarti, 1999 ). Tujuan pembangunan ekonomi adalah untuk memenuhi kebutuhan manusia agar lebih sejahtera.

3. Pancasila Sebagai Paradigma Pembangunan HANKAM
Salah satu tujuan dibentuknya pemerintah Negara Indonesia adalah melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia. Pemerintah berkewajiban membangun sistem pertahanan dan keamanan yang mampu mewujudkan tujuan atau cita-cita tersebut untuk mewujudkan kehidupan social yang aman, damai, dan tentram serta pemanfaatan sumber daya alam perlu dikawal dengan sistem pertahanan dan keamanan yang baik.
Pemerintah telah mengeluarkan dana yang cukup besar untuk membangun bidang pertahanan dan keamanan. Namun pembangunan militer yang telah dilakukan cenderung hanya untuk kepentingan kelompok atau partai politik tertentu dalam upaya mempertahankan kekuasaannya. Negara dan rakyat belum dapat menikmati pembangunan tersebut.
4. Pancasila Sebagai Pardigma Pembangunan Sosial Budaya
Pancasila pada hakikatnya bersifat humanistik karena memang pancasila bertolak dari hakikat dan kedudukan kodrat manusia itu sendiri. Hal ini sebagaimana tertuang dalam sila Kemanusiaan yang adil dan beradab. Oleh karena itu, pembangunan sosial budaya harus mampu meningkatkan harkat dan martabat manusia, yaitu menjadi manusia yang berbudaya dan beradab. Pembangunan sosial budaya yang menghasilkan manusia-manusia biadab, kejam, brutal dan bersifat anarkis jelas bertentangan dengan cita-cita menjadi manusia adil dan beradab. Manusia tidak cukup sebagai manusia secara fisik, tetapi harus mampu meningkatkan derajat kemanusiaannya. Manusia harus dapat mengembangkan dirinya dari tingkat homo menjadi human.
Berdasar sila persatuan Indonesia, pembangunan sosial budaya dikembangkan atas dasar penghargaan terhadap nilai sosial dan budaya-budaya yang beragam si seluruh wilayah Nusantara menuju pada tercapainya rasa persatuan sebagai bangsa. Perlu ada pengakuan dan penghargaan terhadap budaya dan kehidupan social berbagai kelompok bangsa Indonesia sehingga mereka merasa dihargai dan diterima sebagai warga bangsa. Dengan demikian, pembangunan sosial budaya tidak menciptakan kesenjangan, kecemburuan, diskriminasi, dan ketidakadilan sosial.
5. Pancasila Sebagai Pengembangan IPTEKS
Pengembangan dan penguasaan ilmu pengetahuan teknologi dan seni (ipteks ) merupakan salah satu prasyarat menuju terwujudnya kehidupan masyarakat bangsa yang maju dan modern. Pembangunan ipteks bukan semata-mata untuk mengejar kemajuan material, melainkan harus memperhatikan aspek spiritual. Kemampuan manusia dalam mengembangkan dan menguasai ipteks sangat bergantung pada intelektualitasnya dan harus memperhatikan aspek ostestis dan aspek moral (etika).
Tujuan esensial dari pengembangan dan penguasaan ipteks adalah demi kesejahterahan umat manusia. Dengan demikian, pengembangan ipteks harus sesuai dengan harkat dan martabat manusia, serta bermanfaat bagi peningkatan kualitas hidup dan kehidupannya.
Pengembangan ipteks harus didasarkan pada nilai-nilai moral terkandung dalam sila-sila Pancasila. Pertama, sila Ketuhanan Yang Maha Esa, mengkomplementasikan ipteks dalam pertimbangan antara rasional dan irasional, antara akal, rasa dan kehendak. Kedua, sila kemanusiaan yang adil dan beradap, memberikan dasar-dasar moralitas bahwa mengembangkan ipteks harus mempertimbangkan nilai-nilai kemanusiaan yang adil dan beradap. Ketiga, sila Persatuan Indonesia, mengkomplementasikan sifat universilitas dan internasionalisme (kemanusiaan) dengan sila-sila yang lain.
Keempat, sila kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan dan perwakilan, merupakan landasan bahwa pengembangan ipteks harus dilakukan secara demokratis. Kelima, sila keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, menjadi landasan bahwa pengembangan ipteks harus dapat mendatangkan keadilan bagi kehidupan manusia.

6. Pancasila Sebagai Paradigma Pengembangan Kehidupan Beragama
Agama merupakan masalah yang paling asasi dan peka sehingga tidak ada seorangpun yang dapat melaksanakan agamanya kepada orang lain. Pengembangan kehidupan beragama harus dilaksanakan atas dasar nilai-nilai keagamaan, terutama yang mengatur hubungan antara manusia. Tujuan pengembangan kehidupan beragama adalah terciptanya kehidupan sosial yang aman dan tentram, serta saling menghormati dan menghargai satu sama lain.
Pancasila harus menjadi paradigma pengembangan kehidupan beragama. Dengan paradigma Pancasila kiranya cukup jelas langkah dan strategi apa yang harus dilakukan guna membangun kehidupan beragama yang paling menguntungkan bagi masyarakat Indonesia.

D. Pancasila Sebagai Paradigma Reformasi
Pada saat ini Indonesia tengah berada pada era reformasi yang telah
diperjuangkan sejak tahun 1998. ketika gerakan reformasi melanda Indonesia maka seluruh tatanan kehidupan dan praktik politik pada era Orde Baru banyak
mengalami keruntuhan. Pada era reformasi ini, bangsa Indonesia ingin menata
kembali (reform) tatanan kehidupan yang berdaulat, aman, adil, dan sejahtera.
Tatanan kehidupan yang berjalan pada era orde baru dianggap tidak mampu memberi kedaulatan dan keadilan pada rakyat.
Reformasi memiliki makna, yaitu suatu gerakan untuk memformat ulang, menata ulang atau menata kembali hal-hal yang menyimpang untuk dikembalikan pada format atau bentuk semula sesuai dengan nilai-nilai ideal yang dicita-citakan rakyat. Apabila gerakan reformasi ingin menata kembali tatanan kehidupan yang lebih baik, tiada jalan lain adalah mendasarkan kembali pada nilai-nilai dasar
kehidupan yang dimiliki bangsa Indonesia. Nilai-nilai dasar kehidupan yang baik
itu sudah terkristalisasi dalam pancasila sebagai dasar dan ideologi negara.
Oleh karena itu, pancasila sangat tepat sebagai paradigma, acuan, kerangka, dan
tolok ukur gerakan reformasi di Indonesia.
Dengan pancasila sebagai paradigma reformasi, gerakan reformasi harus diletakkan dalam kerangka perspektif sebagai landasan sekaligus sebagai cita-cita. Sebab tanpa suatu dasar dan tujuan yang jelas, reformasi akan mengarah pada suatu gerakan anarki, kerusuhan, disintegrasi, dan akhirnya mengarah pada kehancuran bangsa. Reformasi dengan paradigma pancasila adalah sebagai berikut
a. Reformasi yang ber-Ketuhanan Yang Maha Esa. Artinya, gerakan reformasi berdasarkan pada moralitas ketuhanan dan harus mengarah pada kehidupan yang baik sebgai manusia makhluk tuhan.
b. Reformasi yang berperikemanusiaan yang adil dan beradab. Artinya, gerakan reformasi berlandaskan pada moral kemanusiaan yang luhur dan sebagai upayapenataan kehidupan yang penuh penghargaan atas harkat dan martabat manusia.
c. Reformasi yang berdasarkan nilai persatuan. Artinya, gerakan reformasi harus menjamin tetap tegaknya negara dan bangsa Indonesia sebagai satu kesatuan. Gerakan reformasi yang menghindarkan diri dari praktik dan perilaku yang dapat menciptakan perpecahan dan disintegrasi bangsa.
d. Reformasi yang berakar pada asas kerakyatan. Artinya, seluruh penyelenggaraan kehidupan berbangsa dan bernegara harus dapat menempatkan rakyat sebagai subjek dan pemegang kedaulatan. Gerakan reformasi bertujuan menuju terciptanya pemerintahan yang demokratis, yaitu rakyat sebagai pemegang kedaulatan.
e. Reformasi yang bertujuan pada keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Artinya, gerakan reformasi harus memiliki visi yang jelas, yaitu demi
terwujudnya keadilan sosial bagi seluruh rakyat. Perlu disadari bahwa
ketidakadilanlah penyeban kehancuran suatu bangsa.

naskah radio diskusi dengan sinopsis dan tretment

Naskah Radio Diskusi
Synopsis
Setelah program Love In the Atlas City cukup sukses, maka stasiun radio Top Fm 107.01 membuat program baru yaitu Love In the Atlas City Weekend. Yaitu sebuah acara yang akan mendiskusikan hal-hal yang cukup menarik dan kontroversi dalam dalam seminggu dalam program Love In the Atlas City. Program ini akan ditayangkan pada minggu jam Sembilan malam, jadi bisa dibilang sebagai rangkuman program seminggu sebelumnya.
Dalam episode kali ini kami mengangkat tema atau cerita pendengar yang menelphon yang cukup menarik dan cukup kontroversi. Dalam Love In the Atlas City Weekend akan menampilakn beberapa bintang tamu sebagai narasumber yang akan berdiskusi. Dan dalam episode kali ini Love In the Atlas City Weekend akan mendatangkan dua orang narasumber yaitu Mamah Loreng yaitu seorang peramal cinta, juga dr. Budi yaitu seorang dosen psikologi. Mereka berdua akan memberikan informasi seputar masalah yang terjadi pada para pendengar Topers.
Diskusi akan diawalai dengan narrator membuka acara dan memperkenalkan para narasumber sekaligus menyapanya. Dan kemudian membuka diskusi dan kemudian bertugas sebagai moderator diskusi. Terakhir akan diakhiri dengan kesimpulan yang akan dikemukakan oleh para narasumber.

Treatment
1. Adegan 1
lagu pembuka dan music pembuka program
2. Adegan 2
Narrator membuka acara sambil menyapa pendengar dengan diiringi lagu latar
3. Adegan 3
Narrator menyajikan tema dan menjelaskan tema
4. Adegan 4
Narrator menyapa dan memperkenalkan narasumber
5. Adegan 5
Narrator membuka diskusi yang membahas masalah yang diangkat, disini narrator bertugas sebagai moderator
6. Adegan 6
Narrator dan narasumber menyimpulkan diskusi.
7. Program diakhiri dengan lagu dan music khas program.

Pengisi suara Keterangan
Ear catcher IN-UP-OUT
Music khas program
Lagu IN-DOWN-UP-DOWN
Lagu Naff – Dosa apa
Narator (music masih dinyalakan sebagai latar)
Selamat malam pendengar setia Topers semuanya, ketemu lagi sama Abrror yang akan menemani kalian dalam acara Love In the Atlas City Weekend selama 2 jam kedapan. Kali ini akhir minggu tentunya kita bakal menampilakan program yang berbeda dengan Love In The Atlas City sebelumnya. Tau kenapa pendengar Topers? Karena kalau weekend gini kita bakal mendiskusikan hal-hal yang menarik selam satu minggu sebelumnya dalam acara Love In the Atlas City tentunya dalam hal cinta juga. hehehe
Ear catcher Suara tertawa
narator Oh yah, dalam sesi kali ini Abbror bakal mengangkat kisah pendengar Topers yang beruntung yang telphon dan berbagi dengan kita, dan yang beruntung adalah Purwanto selamat kamu dapat handphon cantik sekaligus maslah kamu bakal dituntas habis dalam sesi kali ini. Yaitu tentang Cinta lain itu loh pendengar tentang Purwanto yang suka sama temen kampusnya padahal akn dia udah punya pacar gitu? Nah kali ini bakal kita diskusikan.
Ear catcher Suara drum
Narator Dalam diskusi ini kita kedatangan 2 tamu istimewa yaitu mamah loreng dan Bpk doc. Budi. Mamah loreng ini adalah peramal cinta yang sudah tidak asing lagi karena sudah sering muncul di acara televise. Sedangkan Bpk doc. Budi adalah seorang dosen psikologi di Universitas Negeri Semarang. Selamat malam malam mamah Loreng dan Pak budi, gimana kabarnya?
Budi/Loreng Selamat malam juga, baik kabarnya
narator Ok pak Budi anda kan sudah mendengar sekaligus membaca permasalahan yang dihadapi Purwanto ini, menurut bapak bagaimana pendapat anda?
Budi Kalau menurut saya sih ini termasuk maslah yang sering terjadi yah sama remaja, atau bahkan orang tua juga banyak yang mengalami apalagi di usia 50-an yang biasanya mulai jenuh dengan pasangannya.
narator Kalau masalah Purwanto gimana pak?
Budi Kalau berdasarkan yang saya liat ini terjadi karena intensitas pertemuan antara Purwamto dengan Vira ini yang cukup sering jadi membuatnya semakin dekat.
Narator Kalau menurut anda gimana mamah loreng?
Mamah Loreng Ehm… kalau saya liat berdasarkan mata batin saya sih bagus,
Narator Bagus gimana maksudnya mamah loreng
Mamah Loreng Yah kalau Purwanto memilih Vira sih masa depannya akan bagus, jadi seharusnya penyiarnya merekomendasikan Purwanto sama Vira saja.
Narator Penyiarnya waktu itu say amah,
Ear catcher Suara tertawa
Narator Apakah anda setuju dengan pendapat mamah loreng yang seharusnya saya memilih Vira untuk anto?
Budi Menurut yang say abaca sih apa yang anda lakukan sudah cukup benar, dimana anda harusnya menjadi seorang yang netral, tanpa memihak salah satu
Narator Tapi Purwanto saat itu menginginkan seseorang membantunya dalam memilih salah satu dari keduanya pak?
Budi Oh tidak bisa haha
Karena seoarang pendengar atau disini teman curhat yang baik dalam kasus ini adalah seseorang yang memberikan pilihan yang baik dan tanpa menentukan apa yang harus Purwanto perbuat.
Narator Wah bagaimana menurut anda mamah loreng tentang pendapat Pak Budi ini?
Mamah Loreng Itu sih karena anda tidak tau mana yang terbaik untuk Purwanto caba kalau seperti saya yang sudah tau masa depan seseorang pasti akan memilih Vira!
Budi Itu jelas salah, karena ini adalah masalah pribadi Purwanto jadi herus Purwanto sendiri yang menentukannya bukan orang lain.
Mamah Loreng Karena anda tidak bisa melakukan dengan benar saja
Budi Maksud anda apa? Anda merehkan saya?
Narator Wowowoh tunggu dulu nih, kayaknya udah panas yah diskusi ini, sebaiknya harus di cool dulu nih. Sejauh ini diskusi sudah mulai memanas tentang apa yang harusnya saya lakukan kepada purwanto, tapi apapun lanjutan diskusi ini harus kita tunda dulu sam iklan, tapi sebelumnya mari kita dengarkan dulu lagu dari berikut ini.
Ear catcher IN-UP-DOWN-OUT
Lagu khas program
lagu IN-UP-OUT
Lagu Ipang – Cinta baru

Selasa, 22 Maret 2011

naskah radio interaktif dengan sinopsis dan tretment

naskah radio interaktif

Synopsis
Sekarang ini dialog yang membahas tentang percintaan sudah biasa dilakukan, karena cinta sudah menjadi masalah yang komplek dan unum. Oleh karena itustasiun radio Top Fm 107.01 membuat program acara Love In The Atlas City. Program ini berisi tentang beberapa sesi dialog cinta yang akan mengangkat tema tentang cinta juga. Dan juga akan memperdengarkan lagu-lagu cinta yang Hits pada zamannya yang sesuai dengan tema. Dialog dilakukan oleh narator atau penyiar radio yang akan berdialog dengan pendengar via telephon. Nararor juga akan memberikan sedikit saran dan nasehat kepada pendengar yang menelfon.
Tema yang akan diangkat dalam episode kali ini adalah cinta yang lain. Yaitu tentang rasa cinta yang terjadi pada seseorang yang sudah memiliki pasangan. Memang cinta yang lain masih sangat ganjil atau tabuh, tapi kalau menyangkut masalah perasaan tidak ada yang bisa disalahkan. Tapi kali ini dalam program Love In The Atlas City akan mengangkat topic ini yang masih menjadi kontrofersi. Kami mengangkat topic karena masalah ini sebernya sering terjadi tapi sedikit orang saja yang membagikan maslah ini ke orang lain. Oleh karena itu kami akan membuka peluang bagi para pendengar Topers untuk membagikan masalahnya agar bisa menemukan penyelesaikan masalahnya.
Progam akan diawali dengan lagu yang akan memisahkan program yang sebelumnya yang juga akan diikuti oleh music pembuka acaraa yaitu iringan khusus program. Narrator akan membuka dialog dengan kata pengantar tentang tema yang diangkat. Narrator juga akan berdialog dengan pendengar yang akan menelphon dan menceritakan masalahnya tentang cinta. Narrator juga akan memberikan masukan atau saran yang kepada penalphon untuk menemukan jalan keluarnya. Setelah itu narrator akan menyimpulkan sesi dialog tersebut. Sesi dialog akan diakhiri dengan lagu yang sesuai dengan masalah penelphon dan iklan. Setelah beberapa penelphon selama 2 jam acara akan diakhiri dengan kesimpulan dari tema dan masalah-masalah yang dikemukakan oleh penelphon dan kemudian lagu penutup lagi.
Tretmen
1. Adegan 1
lagu pembuka dan music pembuka program
2. Adegan 2
Narrator membuka acara sambil menyapa pendengar dengan diiringi lagu latar
3. Adegan 3
Lagu ratar dimatikan dan narrator membuka sesi dialog via telphon kepada pendengar
4. Adegan 4
Narrator melakukan sesi telphon kepada pendengar dengan latar lagu pelan
5. Adegan 5
Narrator memberikan saran dan pesan kepada penalphon seputar masalahnya
6. Adegan 6
Nararator menyimpulkan mengenai sesi telphon dan memberiakn pendapatnya seputar masalah tersebut
7. Adegan 7
Sesi telphon pertama diakhiri dengan lagu penutup sebelum iklan

Pengisi Suara Keterangan
Ear catcher IN-UP-OUT
Music khas program
Musik Acara/music pembuka IN-DOWN-UP-DOWN
Lagu Hello – Biarlah berlalu
Hai-hai selamat malam para pendengar setia Top FM 107.01 ketemu lagi sama Abbror yang bakal jadi temenin malam ini sampe 2 jam ke depan dalam acara Love In The Atlas City tentunya dalm stasiun radio kesayangan kita Top FM 107.01 Fm dengan lagu-lagu cinta yang hits tentunya. Oh yah bukan Cuma sama lagu-lagu cinta aja abbror bakal hangantin malam kalian yang dingin ini. Tapi juga bagi kalian sobat Topers yang punya masalah cinta buruan ambil telephon kalian dan jangan ragu buat telephon ke 085742130924.
Narator Hari gini jangan pelit dong sama pulsa kalau kalian mau dapet solusi cinta dari Abbror. Ayo Abbror tunggu telephon kalian. Kali ini kita akan membahas tentang cinta yang lain, jadi buat para Topers yang punya maslah tentang cinta yang lain atau tentang masalah yang hamper sama buruan telfon kesini aja. Pasti para Topers banyak yang bertanya-tanya kenapa Abbror ngambil tema cinta yang lain kan? Karena sekarang ini yang namanya perselingkuhan itu udah banyak banget dan mungkin sebagian besar dari kita bahkan pernah melakukannya. Tapi kalian sempet mikir ngak sih kenapa perselingkuhan itu bisa terjadi dan sebabnya apa? Nah salah satunya itu karena cinta yang yang lain atau second love. Nah oleh karena itu Cuma disini kita bisa bahas secara tuntas maslah cinta yang lain ini. Sekaligus dengerin masalah-masalah yang Topers hadapi seputar cinta yang lain ini. Atau kalau kalian bosen Cuma dengerin aja curhatan para Topers yang lain kenapa ngak telphon aja kesini dan ikutan cerita masalah kalian, itu lebih bagus, makanya buruan tephon kesini.
Ear Catcher IN-UP-OUT
Dering telphon
Narator Eh ternyata sudah ada penelfon pertama kita ini. Halo dimana dengan siapa?
Ear catcher Suara lantang wanita “lets go”
Penelfon Halo dengan Purwanto di Ungaran.
Narator Halo juga Purwanto, gimana malam ini apakah cukup menyenangkan? Jadi mau cerita apa ini
Lagu Blackground IN-DOWN
(terus dipasang sambil penelfon bercerita)
Penelfon Gini bror, aku punya masalah, atau juga bisa dikatakan bimbang
Narator Loh-loh bimbang kenapa Purwanto?
Penelfon Namanya Vira. Kita temen satu kelas di kampus. Awalnya aku dan dia Cuma temen biasa, sama kaya temen-temen yang lain. Tapi satu tahun terakhir ini perhatian dia udah buat perasaan aku ke dia berubah. Rasanya nyaman aja kalau lagi deket sama dia. Dan hari ke hari kita makin deket aja.
Narator Bagus dong? Berarti kalian udah deket! Tinggal tembak dia aja pur!
Terus apa yang salah sampe-sampe buat kamu bimbang gitu?
Penelfon Masalahnya aku udah punya cewek, kita pacaran udah setahun. Tapi semenjak ada Vira perasaan gue ke pacar gue dikit demi dikit makin ilang.
Ear catcher Suara wanita “oh my God”
Narator Wah-wah kalau gitu ceritanya beda lagi dong pur.
Penelfon Apa aku salah?
Apa aku jahat?
Apa yang mesti gue lakuin?
Pilih buat menjauh dari Vira dan terus jalani hubungan sama cewek gue, apa mutusin cewek gue lalu gue pacaran sama Vira?
Itu yang buat gue bimbang bror, thanks yag dah mau dengerin cerita gue.
Please gue lagi butuh saran.
Narator Apa bener yang kamu rasain ke Vira itu bener cinta? Apa Cuma sebatas suka aja? Apa sebatas tertarik aja? Jangan cepet ngambil keputusan tentang perasaan orang pur, karena perasaan orang tuh susah buat di tebak pur. Jangan sampe kamu nyesel di kemudian hari pur!
Penelfon Bener juga sih, tapi gimana kalau itu bener-bener cinta? Terus gimana sama hubungan gue ke cewek gue yang udah mulai jauh ini?
Narator Yang penting kamu harus pastiin dulu apa bener-bener yang kamu rasain dan yang dia rasain itu bener-bener cinta. Tapi kalau misal bener-bener cinta itu sih terserah kamu mau pilih yang mana? Karena Abbror ngak bisa nentuin mana yang terbaik buat kamu pur, karena itu semua tentang hidup kamu pur, jadi kamu ndiri yang harus nentuin. Tapi inget, apapun keputusan yang kamu ambil pasti ada salah satu pihak yang bakal terluka, jadi kamu harus antisipasi itu
penelfon Lah gimana sama cewek gue yang udah mule jauh?
narator Inget pur, cewek tuh punya perasaan yang sensitif, jadi mungkin aja dia jauh karena mungkin dia ngrasain yang beda sama kamu. Atau munhkin aja dia lagi ada kesibukan atau masalah, inget sekarang tuh kamu masih jadi cowoknya, jadi kamu harus jaga dia dan dukung dia! Jangan sampe buat dia sakit hati
penelfon Makasih yang bror sekarang aku udah tau apa yang bakal aku lakuin ke depan nanti!
Dah selamat malam Abbror, selamt malam Topers semuanya.
narator Sama-sama purwanto.
Moga saran yang abbror kasih bisa bermanfaat yah pur.
Cukup rumit juga yah Topers semuanya masalah yang lagi dihadapi sama sobat topers tadi. Cinta yang ngak diharapkan tapi bisa merubah semuanya.
Sebenarnya semuanya baik-baik saja hubungan Purwanto sama ceweknya, sampai Vira datang ke dalam hati Purwanto dan merubah semuanya menjadi rumit. Indah sih tapi penuh dengan kerumitan dan kebimbangan yang Purwanto hadapi. Dapat kita simpulkan dari Purwanto bahwa cinta yang lain memang indah tapi cinta yang lain bisa merubah segalanya bahkan bisa membuat kerumitan dan kebimbangan kepada pelakunya. Sebenarnya masalah yang utama yang dihadapi Purwanto adalah dia bingung harus memilih pacarnya atau Vira sang cinta yang lain. Sebenarnya apapun pilihan Purwanto semoga itu pilihan yang terbaik tanpa ada hati yang terluka.
Ear catcher Suara tertawa
narator Wah siapa tuh yang berani menertawakn Abbror? Kurang ajar yah, hehehe Ok sebelum Abbror angkat telfon dari sobat Topers yang lain, kita simak iklan-iklan yang mau lewat ini. Tapi sebelunya kita dengeri lagu cinta yang indah ini, chekidot
Lagu IN-UP-OUT
Lagu She – Selingkuh sekali saja
Iklan IN-UP-DOWN-OUT
Lagu IN-UP-DOWN

Rabu, 16 Maret 2011

Konsep Jaringan Komputer

Konsep Jaringan Komputer


Definisi Jaringan Komputer
Jaringan komputer adalah suatu sistem yang menghubungkan sekumpulan komputer atau PC yang terpisah-pisah akan tetapi saling berhubungan dan saling bertukar informasi dalam melaksanakan tugasnya.
Kita akan menggunakan istilah jaringan komputer untuk mengartikan suatu himpunan interkoneksi sejumlah komputer yang autonomous. Dua buah komputer dikatakan terinterkoneksi bila keduanya dapat saling bertukar informasi.media komunikasi antar komputer tidak hanya melalui kawat tembaga saja melainkan dapat menggunakan serat optik, gelomabng mikro, atau satelit komunikasi.Pada suatu jaringan komputer, pengguna harus secara eksplisit log ke sebuah mesin, secara eksplisit menyampaikan tugasnya dari jauh, secara eksplisity memindahkan file-file dan menangani sendiri secara umum selusurh manajemen jaringan.

Manfaat Jaringan komputr
Manfaat jaringan komputer bagi manusia dapat dikelompokkan pada jaringan untuk perusahaan, jaringan untuk umum, dan masalah sosial jaringan.

Macam Jaringan Komputer
Dalam mempelajari macam-macam jaringan komputer terdapat dua klasifikasi yang sangat penting yaitu teknologi transmisi dan jarak. Secara garis besar, terdapat dua jenis teknologi transmisi yaitu jaringan broadcast dan jaringan point-to-point
a. Jaringan broadcast
Memiliki saluran komunikasi tunggal yang dipakai bersama-sama oleh semua mesin yang ada pada jaringan.
Pesan-pesan berukuran kecil, disebut paket, yang dikirimkan oleh suatu mesin akan diterima oleh mesin-mesin lainnya. Field alamat pada sebuah paket berisi keterangan tentang kepada siapa paket tersebut ditujukan. Saat menerima paket, mesin akan mencek field alamat. Bila paket terserbut ditujukan untuk dirinya, maka mesin akan memproses paket itu , bila paket ditujukan untuk mesin lainnya, mesin terserbut akan mengabaikannya.
b. Jaringan point-to-point
Terdiri dari beberapa koneksi pasangan individu dari mesin-mesin. Untuk mengirim paket dari sumber ke suatu tujuan, sebuah paket pad ajringan jenis ini mungkin harus melalui satu atau lebih mesin-mesin perantara. Seringkali harus melalui baynak route yang mungkin berbeda jaraknya. Karena itu algoritma rout memegang peranan penting pada jaringan point-to-point.
Pada umumnya jaringan yang lebih kecil dan terlokalisasi secara geografis cendurung memakai broadcasting, sedangkan jaringan yang lebih besar menggunakan point-to-point.
Kriteria alternatif untuk mengklasifikasikan jaringan adalah didasarkan pada jaraknya.

LOCAL AREA NETWORK
Local Area Network (LAN) merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran sampai beberapa kilometer.
LAN seringkali digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan workstation dalam kantor perusahaan atau pabrik-pabrik untuk memakai bersama resource (misalnya, printer, scanner) dan saling bertukar informasi. LAN dapat dibedakan dari jenis jaringan lainnya berdasarkan tiga karakteristik: ukuran, teknologi transmisi dan topologinya.
LAN mempunyai ukuran yang terbatas, yang berarti bahwa waktu transmisi pada keadaan terburuknya terbatas dan dapat diketahui sebelumnya. Dengan mengetahui keterbatasnnya, menyebabkan adanya kemungkinan untuk menggunakan jenis desain tertentu. Hal ini juga memudahkan manajemen jaringan.
LAN seringkali menggunakan teknologih transmisi kabel tunggal. LAN tradisional beroperasi pada kecepatan mulai 10 sampai 100 Mbps (mega bit/detik) dengan delay rendah (puluhan mikro second) dan mempunyai faktor kesalahan yang kecil. LAN-LAN modern dapat beroperasi pada kecepatan yang lebih tinggi, sampai ratusan megabit/detik.
Terdapat beberapa macam topologi yang dapat digunakan pada LAN broadcast. Pada jaringan bus (yaitu kabel liner), pada suatu saat sebuah mesin bertindak sebagai master dan diijinkan untuk mengirim paket. Mesin-mesin lainnya perlu menahan diri untuk tidak mengirimkan apapun. Maka untuk mencegah terjadinya konflik, ketika dua mesin atau lebih ingin mengirikan secara bersamaan, maka mekanisme pengatur diperlukan. Mekanisme pengatur dapat berbentuk tersentralisasi atau terdistribusi. IEEE 802.3 yang populer disebut Ethernet merupakan jaringan broadcast bus dengan pengendali terdesentralisasi yang beroperasi pada kecepatan 10 s.d. 100 Mbps. Komputer-komputer pada Ethernet dapat mengirim kapan saja mereka inginkan, bila dua buah paket atau lebih bertabrakan, maka masing-masing komputer cukup menunggu dengan waktu tunggu yang acak sebelum mengulangi lagi pengiriman.
Sistem broadcast yang lain adalah ring, pada topologi ini setiap bit dikirim ke daerah sekitarnya tanpa menunggu paket lengkap diterima. Biasanya setiap bit mengelilingi ring dalam waktu yang dibutuhkan untuk mengirimkan beberapa bit, bahkan seringkali sebelum paket lengkap dikirim seluruhnya. Seperti sistem broadcast lainnya, beberapa aturan harus dipenuhi untuk mengendalikan access simultan ke ring. IEEE 802.5 (token ring) merupakan LAN ring yang populer yang beroperasi pada kecepatan antara 4 s.d 16 Mbps.
Berdasarkan alokasi channelnya, jaringan broadcast dapat dibagi menjadi dua, yaitu statik dan dinamik. Jenis alokasi statik dapat dibagi berdasarkan waktu interval-interval diskrit dan algoritma round robin, yang mengijinkan setiap mesin untuk melakukan broadcast hanya bila slot waktunya sudah diterima. Alokasi statik sering menyia-nyiakan kapasitas channel bila sebuah mesin tidak punya lagi yang perlu dikerjakan pada saat slot alokasinya diterima. Karena itu sebagian besar sistem cenderung mengalokasi channel-nya secara dinamik (yaitu berdasarkan kebutuhan).
Metoda alokasi dinamik bagi suatu channel dapat tersentralisasi ataupun terdesentralisasi. Pada metoda alokasi channel tersentralisasi terdapat sebuah entity tunggal, misalnya unit bus pengatur, yang menentukan siapa giliran berikutnya. Pengiriman paket ini bisa dilakukan setelah menerima giliran dan membuat keputusan yang berkaitan dengan algoritma internal. Pada metoda aloksi channel terdesentralisasi, tidak terdapat entity sentral, setiap mesin harus dapat menentukan dirinya sendiri kapan bisa atau tidaknya mengirim.

METROPOLITAN AREA NETWORK
Metropolitan Area Network (MAN) pada dasarnya merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya memakai teknologi yang sama dengan LAN. MAN dapat mencakup kantor-kantor perusahaan yang berdekatan dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi (swasta) atau umum. MAN biasanya mamapu menunjang data dan suara, dan bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel. MAN hanya memiliki sebuah atau dua buiah kabel dan tidak mempunyai elemen switching, yang berfungsi untuk mengatur paket melalui beberapa output kabel. Adanya elemen switching membuat rancangan menjadi lebih sederhana.
Alasan utama memisahkan MAN sebagai kategori khusus adalah telah ditentukannya standart untuk MAN, dan standart ini sekarang sedang diimplementasikan. Standart tersebut disebut DQDB (Distributed Queue Dual Bus) atau 802.6 menurut standart IEEE. DQDB terdiri dari dua buah kabel unidirectional dimana semua komputer dihubungkan, seperti ditunjukkan pada gambar 1.2. Setiap bus mempunyai sebuah head–end, perangkat untuk memulai aktivitas transmisi. Lalulintas yang menuju komputer yang berada di sebelah kanan pengirim menggunakan bus bagian atas. Lalulintas ke arah kiri menggunakan bus yang berada di bawah.

WIDE AREA NETWORK
Wide Area Network (WAN) mencakup daerah geografis yang luas, sertingkali mencakup sebuah negara atau benua. WAN terdiri dari kumpulan mesin yang bertujuan untuk mejalankan program-program aplikasi. mesin-mesin ini sebagai host. Istilah End System kadang-kadang juga digunakan dalam literatur. Host dihubungkan dengan sebuah subnet komunikasi, atau cukup disebut subnet. Tugas subnet adalah membawa pesan dari host ke host lainnya, seperti halnya sistem telepon yang membawa isi pembicaraan dari pembicara ke pendengar. Dengan memisahkan aspek komunikasi murni sebuah jaringan (subnet) dari aspek-aspek aplikasi (host), rancangan jaringan lengkap menjadi jauh lebih sederhana.
Pada sebagian besar WAN, subnet terdiri dari dua komponen, yaitu kabel transmisi dan elemen switching. Kabel transmisi (disebut juga sirkuit, channel, atau trunk) memindahkan bit-bit dari satu mesin ke mesin lainnya.
Element switching adalah komputer khusus yang dipakai untuk menghubungkan dua kabel transmisi atau lebih. Saat data sampai ke kabel penerima, element switching harus memilih kabel pengirim untuk meneruskan pesan-pesan tersebut. Sayangnya tidak ada terminologi standart dalam menamakan komputer seperti ini. Namanya sangat bervariasi disebut paket switching node, intermidiate system, data switching exchange dan sebagainya.
Sebagai istilah generik bagi komputer switching, kita akan menggunakan istilah router. Tapi perlu diketahui terlebih dahulu bahwa tidak ada konsensus dalam penggunaan terminologi ini. Dalam model ini, seperti ditunjukkan oleh gambar 1.4 setiap host dihubungkan ke LAN tempat dimana terdapat sebuah router, walaupun dalam beberapa keadaan tertentu sebuah host dapat dihubungkan langsung ke sebuah router. Kumpulan saluran komunikasi dan router (tapi bukan host) akan membentuk subnet.
Istilah subnet sangat penting, tadinya subnet berarti kumpulan kumpulan router-router dan saluran-sakuran komunikasi yang memindahkan paket dari host host tujuan. Akan tatapi, beberpa tahun kemudian subnet mendapatkan arti lainnya sehubungan dengan pengalamatan jaringan.
Pada sebagian besar WAN, jaringan terdiri dari sejumlah banyak kabel atau saluran telepon yang menghubungkan sepasang router. Bila dua router yang tidak mengandung kabel yang sama akan melakukan komunikasi, keduanya harus berkomunikasi secara tak langsung melalui router lainnya. ketika sebuah paket dikirimkan dari sebuah router ke router lainnya melalui router perantara atau lebih, maka paket akan diterima router dalam keadaan lengkap, disimpan sampai saluran output menjadi bebas, dan kemudian baru diteruskan.
Subnet yang mengandung prinsip seperti ini disebut subnet point-to-point, store-and-forward, atau packet-switched. Hampir semua WAN (kecuali yang menggunakan satelit) memiliki subnet store-and-forward.
Di dalam menggunakan subnet point-to-point, masalah rancangan yang penting adalah pemilihan jenis topologi interkoneksi router. Gambar 1.5 menjelaskan beberapa kemungkinan topologi. LAN biasanya berbentuk topologi simetris, sebaliknya WAN umumnya bertopologi tak menentu.

JARINGAN TANPA KABEL
Komputer mobile seperti komputer notebook dan personal digital assistant (PDA), merupakan cabang industri komputer yang paling cepat pertumbuhannya. Banyak pemilik jenis komputer tersebut yang sebenarnya telah memiliki mesin-mesin desktop yang terpasang pada LAN atau WAN tetapi karena koneksi kabel tidaklah mungkin dibuat di dalam mobil atau pesawat terbang, maka banyak yang tertarik untuk memiliki komputer dengan jaringan tanpa kabel ini.
Jaringan tanpa kabel mempunyai berbagai manfaat, yang telah umum dikenal adalah kantor portable. Orang yang sedang dalam perjalanan seringkali ingin menggunakan peralatan elektronik portable-nya untuk mengirim atau menerima telepon, fax, e-mail, membaca fail jarak jauh login ke mesin jarak jauh, dan sebagainya dan juga ingin melakukan hal-hal tersebut dimana saja, darat, laut, udara.