welcme

Selamat Datang Semoga Anda Puas hehehe

Sabtu, 24 April 2010

Atasi Kabel Gas Skutik Nyangkut

Atasi Kabel Gas skutik Nyangkut

Saat digas, pada putaran mesin tertentu (biasanya di 2.000-2.500 rpm) skutik akan langsung berakselarasi. Sebab tranmisinya akan otomatis. Sehingga tak perlu pakai masukin porseneling lagi.

Nah. Caba bayangkan bila kabel gasnya nyangkut sehingga putaran mesin tidk turun meski gri[ gas sudah ditutup. Pastinya motor bakal jalan terus. Kondisi seperti ini sangatlah berbahaya saat menghadapi kemacetan atau saat motor baru saja dihidupkan. Kalau rider tidak siap menekan rem, pastinya motor bakalan nylonong.

Biasanya biang kerok maslah ini adalah lantaran kerja kabel gas seret. “pelumas dalam kabel gas terlihat kering”. Kalau kejadian seperti ini dan jauh dari bengkel langkah darurat yang bisa dilakukanuntuk mengatasi hal tersebut adalah melepas tali grip gas, lalu tuang sedikit bensin kedalam selongsong gas.

Setelah itu tarik ulur kabel gas biar bensinnya turun ke lebih dalam. Tujuannya untuk merontokkan karat dan kerakyang bersarang dalam selongsong kabel. Biar bensing yang dituang ngak terbuang percuma,pada ujung kabel gas dipasang plastik kenudian diikat karet gelangatau tali sehingga membentuk semacam corong.

Jika sudah, jika di dekat lokasi anda ada tukang tambal ban, minta tukang tambal ban untuk menyemprot lubang selongsong kabel pakai angin bertekanan. Lalu tuangkan oli encer kedalm kabel (wadah plastik dalam kondisi masih terpasang di ujung selongsong kabel) sembari kabel gasnya ditarik ulur lagi. Lakukan hal itu berulang-ulangsmpai kabel tak lagi seret.

“cara ini buat emergency saja. Sebaiknya bila sudah menemukan bengkel,segera ganti kabel gas baru. Sebab kalau tidak, kabel gasnya akn nyangkut lagi. Bahaya buat keselamatan

1 komentar:

  1. Mantap gan... Sangat membantu ane ngatasi kabel gas motor matic...
    Regard, Ganti Oli.

    BalasHapus