welcme

Selamat Datang Semoga Anda Puas hehehe

Minggu, 27 Juni 2010

Perbedaan Pembelajaran Konvesinal dengan Hypnoyeaching

Perbedaan Antara Pembelajaran konvensional Dengan Hypnoteaching

# Pembelajaran Konvensional

1. Pengertian

Menurut Djamarah (1996) metode pembelajaran konvensional adalah metode pembelajaran tradisional atau disebut juga dengan metode ceramah, karena sejak dulu metode ini telah dipergunakan sebagai alat komunikasi lisan antara guru dengan anak didik dalam proses belajar dan pembelajaran.

2. Ciri-ciri

· Mengajar dengan cara ceramah

· Lebih mengutamakan hafalan dari pada pengertian

· Menekankan pada kemampuan berhitung

· Mengutamakan hasil dari pada proses

· Pengajaran berpusat pada guru

3. Kelebihan

· Lebih mudah dilakukan

4. kelemahan

· Para siswa tidak tau tujuan mereka belajar pada waktu itu

· Siswa jarang sekali mendapat kesempatan menyatakan pendapat

· Guru jarang mengajar siswa untuk menganalisa secara mendalam tentang suatu konsep

· Siswa jarang untuk menggunakan penalaran logis yang lebih tinggi seperti kemampuan membuktikan atau memperlihatkan suatu konsep

· Siswa hampir tidak pernah dituntut untuk mencoba strategi dan cara (alternatif) sendiri dalam memecahkan masalah

· Menjadi pasif dalam belajar

· Belajar siswa kurang bermakna karena lebih banyak hapalan.

# Hypnoteaching

1. Pengertian

Yaitu menyajikan materi pelajaran dengan menggunakan bahasa-bahasa bawah sadar. Sehingga perhatian siswa akan tersedot secara penuh pada materi.

2. Langkah-langkah dalam Hypnoteaching

· Niat dan motivasi dalam diri guru atau pengajar

· Pacing

Pacing berarti menyamakan posisi, gerak tubuh, bahasa, serta gelombang otak dengan orang lain, atau siswa. Secara alami dan naluriah, setiap orang pasti akan merasa nyaman dan senang untuk berkumpul dengan orang lain yang memiliki kesamaan dengannya. Kesamaan-kesamaan diantara beberapa orang, akan memancarkan gelombang otak yang sama. Sehingga orang-orang dalam golongan itu akan merasa nyaman berada di dalamnya. Dengan kenyamanan yang bersumber dari kesamaan gelombang otak ini, maka setiap pesan yang disampaikan dari orang satu pada orang-orang yang lain akan dapat diterima dan dipahami dengan sangat baik.

· Leading

Leading berarti memimpin atau mengarahkan setelah proses pacing Anda lakukan.

· Gunakan kata positif

Penggunaan kata positif ini sesuai dengan cara kerja pikiran bawah sadar yang tidak mau menerima kata negative. Jika ada kata negative, maka yang diterima adalah kata dibelakang kata negative tersebut. Sedangkan kata negative-nya diabaikan. Misalnya kalimat “jangan ramai”, maka yang ditangkap adalah “ramai”. Maka yang terjadi siswa Anda malah ramai. Dalam hal ini, sebaiknya cari padanan kata yang positif. Misalnya “jangan ramai” diganti “tenang” atau “diam”.

· Berikan pujian

Pujian merupakan reward peningkatan harga diri seseorang. Pujian merupakan salah satu cara untuk membentuk konsep diri seseorang. Dalam memberikan pujian, hindari pula kata penghubung negative. Misalnya : tapi, namun, cuma saja, dan lain sebagainya. Karena penggunaan kata-kata tersebut akan membuat pujian Anda sia-sia dan terkesan mengolok-olok. Cara untuk menghindari kata penghubung negative adalah dengan menghilangkan kata penghubung tersebut. Misalnya “Kamu sebetulnya adalah siswa yang pandai, sangat membanggakan. Akan lebih membanggakan lagi kalau kamu lebih memperhatikan kerapian penampilanmu”.

· Modeling

Modeling adalah proses memberi tauladan melalui ucapan dan perilaku yang konsisten.

3. Kelebihan

· Siswa akan melakukan pembelajaran dengan senang hati

· Lebih memotivasi siswa untuk terus belajar dan berprestsi

· Perhatian siswa akan tersedot penuh terhadap materi

· Siswa akan lebih memahami dari pada menghafal

· Ada interaksi yang baik antara guru dan siswa

4. Kelemahan

· Perlu pembelajaran agar guru bisa melakukan Hypnoteaching

# Kesimpulan

Pembelajaran Konvensional dan Hypnoteaching sangat berbeda. Pembelajaran Konvensional lebih menekankan pada hafalan bukan pada penalaran sehingga siswa hanya dituntut untuk mendengarkan dan mencatat. Sedangkan Hypnoteaching menggunakan bahasa bawah sadar untuk pembelajaran sehingga siswa dengan suka rela dan senang hati melakukan semua proses pembelajaran. Sehingga materi yang terserap oleh siswa akan lebih sempurna.

Dalam perkembangan jaman Pembelajaran Konvensional sudah tidak efektif lagi digunakan dalam proses belajar mengajar dan seharusnya sudah digantikan dengan Hypnoteaching agar semakin baiknya pendidikan di Indonesia.

1 komentar:

  1. Titsanium - The Iron Man - The Titanium Art
    Titsanium ford escape titanium for sale - The Iron Man is an titanium septum jewelry iconic and spectacular ion titanium on brassy hair 3D-layered resin sculpture made by Titsanium. It depicts the titanium bikes human body in a natural and titanium tubing

    BalasHapus